Wednesday, March 18, 2009

Cara Menginstal Joomla

Joomla harus diinstal di Seperti yang sudah banyak diketahui oleh para Webster, joomla adalah salah satu media untuk membuat suatu website. Selain, lebih mudah, joomla juga menyajikan beberapa fitur tambahan yang menarik. Selain itu, joomla juga menyediakan 2 versi yang sebenarnya tidak begitu berbeda yaitu versi 1.0 dan 1.5. daripada terlalu lama, kita akan mulai cara-cara instalasi joomla.

1. Buat server situs web joomla

lingkungan server situs web karena joomla butuh koneksi ke database dengan PHP. Karena itu langkah pertama yang harus dilakukan adalah membangun sebuah web server. Untuk membangun sebuah web server, Anda bisa menggunakan aplikasi bernama XAMPP dan WAMP. Namun, saya sarankan Anda menggunakan XAMPP karena lebih mudah dari segi instalasi dan penggunaan.

2. Bangun Database

Hal selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah membangun database joomla. Caranya download aplikasi joomla 1.0 atau 1.5 di http://www.joomla.org kemudian, Buatlah folder di \Program Files\XAMPP\htdocs kemudian extract semua file yang ada di folder joomla instalasi tadi, buat nama folder sesuai keinginan Anda lalu masukkan folder Anda ke C:\\Program Files\XAMPP\htdocs. Setelah itu buka server XAMPP dan jalankan Mozilla Firefox atau browser default Anda dan ketikkan localhost/[nama_folder_anda] untuk memulai penginstalan joomla.

Pada saat penginstalan

1. Pastikan semua persyaratan instalasi terpenuhi dan tekan tombol Next>> untuk melanjutkan.

2. Di halaman ini akan ditampilkan perjanjian yang harus Anda patuhi jika ingin menggunakan Joomla. Tekan tombol Next>> untuk melanjutkan.

3. Masukkan konfigurasi database MySQL.

Keterangan konfigurasi database MySQL:

o Host Name, nama host name, biasa diisi dengan localhost

o MySQL User Name, username yang digunakan untuk mengakses MySQL, biasa diisi root atau username yang disediakan web hosting Anda

o MySQL Password, password yang digunakan untuk mengakses MySQL, gunakan password untuk keamanan web Anda.

o MySQL Database Name, nama database untuk Joomla.

o MySQL Table Prefix, awalan yang digunakan untuk tabel database Anda.

Bila sudah diisi semua lanjutkan dengan klik tombol Next>>. Sesaat kemudian akan muncul pesan yang meminta konfirmasi konfigurasi yang telah Anda masukkan. Bila semua sudah benar, tekan tombol OK.

4. Di halaman ini Anda diminta memberi nama web Anda. Berilah nama dan tekan tombol Next>> untuk melanjutkan.

5. Silahkan lakukan konfirmasi URL, direktori absolut, e-mail admin dan direktori chmods. Masukkan alamat e-mail dan password untuk admin anda. Tekan Next>>.

6. Selamat Anda telah berhasil melakukan instalasi Joomla Jangan lupa untuk menghapus direktori installation di direktori Joomla Anda.

2 comments:

  1. Terima kasih ya atas tulisannya, semoga saya bisa mempraktekkannya. Saya juga mau coba ni.

    ReplyDelete