Monday, March 30, 2009

Mengganti Drive Letter Partisi Harddisk

Windows tidak mengurutkan huruf untuk drive yang ada. Misalnya, sebuah partisi pada hard disk diberi huruf E. USB flash disk diberi huruf D sehingga ketika USB flash disk tidak dicolok, urutan untuk drive jadi C langsung ke E.

Supaya sedikit rapi, anda bisa mengubah drive E itu menjadi Drive D dan sebaliknya. Sayangnya, caranya tidak semudah mengubah nama file atau folder. Begini caranya,

1. Buka Windows Explorer, klik kanan pada ikon [Computer], pilih [Manage].

2. Klik [Disk Management] yang ada di bawah [Storage].

3. Klik kanan pada Drive yang hurufnya hendak diganti. Kemudian pilih [Change Drive Letter and Paths...].

Cara itu hanya bisa dilakukan pada sistem operasi berbasis NT—Windows XP sampai Vista. Jika Anda ingin mengubah huruf drive pada Windows 9x dan Windows Me, maka anda butuh program khusus seperti Partition Magic dan sejenisnya.

Jalankan Partition Magic, kemudian klik kanan pada partisi yang hurufnya akan diganti. Klik [Advance], dan klik [Change Drive Letter]. Cara yang terakhir ini juga dapat digunakan pada semua versi Windows. Kekurangannya adalah prosesnya membutuhkan restart.berikut ini ada sedikit tips kalau anda ingin mengubah suatu huruf drive jadi huruf yang sudah dipakai oleh drive lain. Coba ganti huruf drive yang akan digunakan menjadi huruf lain. Setelah itu, baru gunakan huruf tersebut pada partisi yang Anda inginkan.

No comments:

Post a Comment