Saturday, March 7, 2009

Hati-hati Dengan Antivirus Bajakan

Kali ini saya akan membahas akan bahayanya antivirus bajakan. Yang dimaksud antivirus bajakan di sini adalah antivirus Upgradable yang dibeli secara illegal. Biasanya bila kita membeli antivirus secara resmi, kita akan diberi sebuah serial number atau key untuk mengaktifkan antivirus tersebut. namun, karena negara kita adalah negara pembajak software terbesar di dunia, maka ada saja cara untuk membuat sesuatu hal secara gratis. Memang hal itu bisa menguntungkan kita, tapi tahukah Anda apa dampak dari pembajakan antivirus itu?

Jika Anda membeli antivirus bajakan, mungkin Anda bisa menginstalnya dengan memasukkan serial number palsu atau biasanya diberi sebuah crack untuk "melegalkan" antivirus tersebut. Namun, dampak dari hal itu adalah kita tidak mendapatkan dukungan teknis dari penyedia antivirus. kemudian, hal itu dapat merugikan negara karena software antivirus bajakan tidak masuk ke bea cukai yang akhirnya tidak masuk ke uang negara. Walaupun banyak penyebab lain yang menyebabkan negara kita rugi selain dari software bajakan. Selain itu, Anda juga tidak dapat melakukan update pada antivirus bajakan tersebut yang dapat berakibat fatal apabila komputer Anda terus terhubung ke internet karena virus akan dapat masuk dengan mudah ke komputer Anda.

Saya pernah mencoba menggunakan antivirus Kaspersky Internet Security versi bajakan. Di dalam disk instalasi terdapat banyak key yang memudahkan kita untuk mengaktifkan antivirus itu. namun, ketika saya hendak melakukan update, ternyata semua key yang ada di disk instalasi tersebut terkena black list dari Kaspersky dan saya tidak bisa menggunakan antivirus tersebut. Alhasil saya langsung melakukan unistall dan membuang jauh-jauh antivirus bajakan tersebut. Sebab, komputer saya langsung menjadi lemot dan banyak virus masuk ke komputer saya. Dari situlah saya tahu sisi negatif dari antivirus bajakan.

Maka, untuk amannya, lebih baik Anda membeli secara resmi sebuah antivirus. Kalau tidak memungkinkan, Anda bisa menggunakan antivirus gratisan seperi AVG Free Edition, Avira Antivir Personal Free Edition, PCMedia ataupun antivirus gratisan lainnya. Walaupun hanya gratisan, tapi paling tidak antivirus Anda bisa diupgrade dan bisa menjauhkan komputer Anda dari virus-virus komputer yang semakin merajalela sekarang ini.

No comments:

Post a Comment